Welcome to my lovely blog... Thanks for visiting. Semoga bermanfaat :))
RSS

Pages

Wednesday, January 18, 2012

DEFINISI, SEJARAH, DAN CARA INSTALASI CCTV CAMERA

SEJARAH CCTV
CCTV (Closed Circuit Television) adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Berbeda dengan siaran televisi, sinyal CCTV tidak secara terbuka ditransmisikan. CCTV paling banyak digunakan untuk pengawasan pada area yang memerlukan monitoring seperti bank, gudang, tempat umum, dan rumah yang ditinggal pemiliknya.
Sistem CCTV biasanya terdiri dari komunikasi fixed (dedicated) antara kamera dan monitor. Teknologi CCTV modern terdiri dari sistem terkoneksi dengan kamera yang bisa digerakkan (diputar, ditekuk, dan di-zoom) , dapat dioperasikan jarak jauh lewat ruang kontrol, dan dapat dihubungkan dengan suatu jaringan baik LAN, Wireless-LAN maupun Internet.
Sistem CCTV pertama dipasang oleh Siemens AG pada Test Stand VII di Peenemünde , Jerman pada tahun 1942, untuk mengamati peluncuran V-2 roket. mencatat insinyur Jerman Walter Bruch bertanggung jawab untuk desain dan instalasi sistem.
Sistem perekaman CCTV masih sering digunakan di tempat peluncuran modern untuk merekam penerbangan roket, untuk menemukan kemungkinan penyebab kerusakan, sementara roket yang lebih besar sering dilengkapi dengan CCTV yang memungkinkan gambar-gambar menjadi tahap pemisahan ditransmisikan kembali ke bumi dengan link radio.
Pada bulan September 1968, Olean, New York adalah kota pertama di Amerika Serikat untuk menginstal kamera video sepanjang jalan bisnis utama dalam upaya untuk memerangi kejahatan.Penggunaan kamera televisi sirkuit tertutup perpipaan gambar ke Kepolisian Olean mendorong Departemen Olean ke teknologi terdepan melawan kejahatan.
Penggunaan CCTV di kemudian hari menjadi sangat umum di bank dan toko untuk mencegah pencurian, dengan merekam bukti kegiatan kriminal. Penggunaannya lebih lanjut dipopulerkan konsep.Tempat pertama yang menggunakan CCTV di Britania Raya adalah King’s Lynn , Norfolk.
Dalam dekade belakangan ini, terutama dengan ketakutan kejahatan umum berkembang pada 1990-an 2000-an, dan penggunaan ruang publik kamera pengintai telah mati, khususnya di beberapa negara seperti Britania Raya .

KOMPONEN-KOMPONEN DALAM PEMASANGAN CCTV

Untuk membuat sebuah sistem CCTV sederhana terlebih dahulu anda harus mengetahui peralatan alat atau material yang digunakan dalam instalasi tersebut. Berikut ini peralatan atau material yang diperlukan :
Konektor BNC (Bayonet Neill-Concelman konektor) adalah jenis konektor RF yang umum digunakan untuk kabel koaksial (RG-6) yang menghubungkan kamera CCTV, radio, televisi, dan peralatan radio-frekuensi elektronik.

Konektor BNC
2. Kabel Coaxial merupakan sebuah jenis kabel yang biasa digunakan untuk mengirimkan sinyal video dari kamera CCTV ke monitor. Ada beberapa
tipe kabel coaxial yaitu : RG-59, RG-6 dan RG-11. Penggolongannya berdasarkan diameter kabel dan jarak maksimum yang direkomendasikan untuk instalasi kabel tersebut. Lihat tabel dibawah
digunakan adalah NYA (2×1,5mm) maupun NYM (3×2,5mm). Instalasi kabel power ini sebaiknya juga menggunakan pipa high impact conduit.
5. Adaptor dan power supply merupakan perangkat yang menyuplai tegangan kerja ke kamera CCTV, pada umumnya tegangan yang digunakan yaitu 12 Volt DC. Namun adapula yang menggunakan tegangan 24 Volt (AC) maupun 24 Volt (DC). Hal ini tergantung pada jenis atau tipe kamera yang
digunakan.
6. Kamera CCTV dapat dibedakan menjadi beberapa type yaitu kamera Fixed Dome, kamera IP, kamera wireless dan kamera PTZ (Pan/Tilt/zoom).
Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran anda. Jika anda membutuhkan sebuah kamera yang perlu diperhatikan adalah mempelajari
spesifikasi kamera CCTV sebelum membeli. Biasanya spesifikasi yang diberikan berupa format lensa CCD (Charge Coupled Device) yang memiliki ukuran tipikal (1/2″, 1/3″dan 1/4″), TV Lines yang berkaitan dengan resolusi gambar, LUX yang berkaitan dengan kesensitifan kamera terhadap cahaya,
Varifocal lens yang berkaitan dengan pegaturan sudut/jarak pandang kamera dan bisa diatur secara manual, indoor, outdoor, dan lain-lain.
kapasitas penyimpanan hasil rekaman tergantung pada harddisk yang terpasang (pada umumnya 160 Gygabyte, namun adapula yang diupgrade hingga 1 Terabyte). Hasil rekaman video tersebut ada yang berformat QCIF, MPEG-4 dan avi. Dan biasanya input DVR terdiri dari 4, 8, 16 dan 32 channel kamera.
gambar dari kamera sesuai inputan ke DVR maupun Multiplexser. Tampilan kamera-kamera dapat dilihat pada monitor dengan pembagian yang berbeda
(satu tampilan kamera, matrik 2×2, matrik 3×3 dan matrik 4×4).

Gambar Penampang kabel Coaxial
3. Peralatan untuk Crimp kabel coaxial digunakan sebagai alat bantu untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial.

Tang Crimping
4. Kabel Power digunakan untuk memasok tegangan AC (searah) 220 V ke adaptor atau power supply kamera CCTV. Biasanya tipe kabel power yang
Jenis Kamera CCTV
7. DVR (Digital Video Recorder) adalah sebuah media penyimpan hasil rekaman video yang telah terpantau oleh kamera CCTV. Besar kecilnya
Gambar DVR
8. Monitor CCTV ada yang masih menggunakan tabung CRT dan adapula yang menggunakan LCD. Monitor tersebut dapat menampilkan keseluruhan
Gambar Monitor CCTV
Setelah anda mengetahui peralatan atau material yang telah disebutkan, di bawah ini merupakan gambaran sistemnya.
Gambar Sistem CCTV

LANGKAH INSTALASI CCTV
Persiapan
Hal pertama adalah siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut alat dan bahan yang diperlukan dalam membangun system cctv :
1.     PC atau laptop,  disaranin sih pake PC karena PC ini harus stand by 24 jam.
2.    Webcam, atau kamera lainnya yg bisa dikonekin ke PC/Laptop. Lebih disarankan juga,  pilih kamera yg resolusinya gak terlalu bagus, max 1.3MP. Kenapa ? Karena kita bakal ngerekam video melalui kamera ini, makin gede resolusi, makin gede ukuran file yg dibentuk.
3.    Software untuk me-manage webcam di PC. Kita gunakan  software free bernama Webcam7. Software ini bisa digunakan untuk me-manage 7 kamera sekaligus. Ingin lebih ? Upgrade ke versi berbayar.
Fitur yg disuguhkan antara lain =
- Capture gambar
- Record video dg tambahan fitur scheduling
- Sebagai server utk streaming video dari webcam yg kita punya.
Instalasi :
Masuk ke tahap selanjutnya.
1.     Instalasi webcam di PC
- Install driver webcam di PC
- Koneksikan PC dan Webcam
2.    Instalasi software Webcam7
- Tinggal download dari link dibawah, trus di next aja terus sampai terakhir finish.
- Buka Aplikasi dari Start > Program > Webcam 7 > Webcam 7.exe
- Pilih mode “Free”
- Nongolnya kayak gini

Klik kanan pada layar yg ditengah > trus pilih PCI/USB > pilih PC Camera-168. Ntar tampilannya bakal kayak gini (Lakukan hal yang sama untuk kamera-kamera berikutnya) :

Nah disinilah pusat tata surya nya alias control panel software ini.
·         Huruf A = adalah utk nambahin keterangan di gambar, semisal Text, Tanggal, Jam, CPU Usage, Memory Usage, dan Brp user yg lagi konek ke kamera ini.
·         Capture = untuk ngambil gambar, berformat JPEG
·         Record = untuk ngerekam video, bisa rekam sekaligus streaming tetap jalan lho.

Disini bakal ditampilin IP berapa aja yang lagi connect ke Webcam kita, yg perlu diperhatikan adalah pastikan Internal Web Server is Running, jika mati tinggal klik enable.Jika kita mau gambar upload video realtime kita ke webhosting juga dari sini tempatnya.
Langkah Terakhir adalah set agar Aplikasi ini Run Otomatis ketika Windows hidup. Caranya :

Pastikan Start With Windows dan Start Minimized dalam kondisi tercentang.
Selesai. 
3. Cek Apakah sudah berhasil?
Caranya buka web browser, lalu masuk ke alamat http://ipaddress:8080 atau http://computername:8080
Misal kita disini http://10.8.8.201:8080
Kalau berhasil, bakal muncul web page kayak gini :

Nah selesai sudah, kita dah bisa memantau hasil pencitraan seluruh webcam yg kita pasang dari sini.

4. Integrasikan dengan web (bila perlu)
Dimaksudkan apabila kita mau menampilkan video streaming dari webcam tadi di halaman web yang kita punya.
caranya :
Tools > Generate HTML Code.
 Kita next-next aja, terus muncul kode HTML nya
                      Tinggal copy seluruh coding HTML ini  ke halaman web kamu.
5.  Posisikan kamera di tempat yang strategis
Dalam pemasangan kamera cctv, dibutuhkan tempat yang strategis agar seluruh ruangan yang dipantau dapat terjangkau oleh cctv. Biasanya, kamera cctv ini dipasan di daerah pojok atas.

Ilustrasi Penggunaan :
1. SECURITY CAMERA.
Digunakan untuk merekan video dengan memanfaatkan fitur recording with scheduler, jadi kita tidak perlu repot tiap hari jalanin proses recording, tinggal atur jam nya, software ini akan ngelakuinnya secara otomatis.
Arahkan kamera ke tempat2 keluar masuk rumah seperti pintu dan jendela, misalkan ada kemalingan? tinggal jadiin hasil rekaman sbgi barang bukti
2.  PARENTAL CONTROL CAMERA.
Digunakan untuk mengawasi kondisi kantor, para customer atau para pegawainya.
Atau digunakan di rumah untuk mengawasi kegiatan anak-anak anda.
3. STREAMING CAMERA.
Digunakan untuk bikin siaran live dari rumah kita sendiri. dan bisa diakses dari mana aja selama mereka terhubung internet. WOW :)

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

9 komentar:

egafirmansyah said...

assalamualaikum. .
Hey sob. . Bermanfaat banget postingnya. . Ijin blajar sekaligus berexperimen. . Maklum aku masih newbee.

Okey?

Thanks you

budi santosa said...

makasih infonya gan, izin mengutip artikel dan link gambar untuk bikin tulisan di blog ane

Anonymous said...

Hey thеre! I know this іs kinda off topic but I'd figured I'd ask.
Would you be inteгeѕted іn exchanging links
or maybе guest ωriting a blog article οr νice-veгsa?
My blog addresses a lοt of the samе topics as youгѕ and I belieѵe
we cоuld greatly benеfit from еach other.
Ιf you might be inteгesteԁ feel free to
shοоt me an е-mаil.
I look forward to hearing from you! Wonderful blog by the way!



My blog post :: segurolandia.com

Me, My Self, and I said...

Thanks buat kunjungan agan-agan. silahkan belajar, dan bereksperimen. Jika mau mengutip jangan lupa mencantumkan blog sayanya :D

Me, My Self, and I said...

anonymous : Thank's for your visit. I won't be hesitate to share with you.

Anonymous said...

kreatif sekali neng ini.

Me, My Self, and I said...

for anonymous : iya terimakasih agan.. :D
memang awalnya semua ini merupakan tugas sekolah, hehe

cctv jakarta said...

salam, saya mohon ijin republish artikelnya yang sangat keren ini ya mbak, salam kenal dan sukses selalu :D

Inun Miftahul said...

gan, bisa minta alamat emailnya? aku lagi butuh pengetahuan tentang CCTV untuk penulisan skripsiku, mungkin bisa tukar pikiran nantinya
text me ya la_ninoo@yahoo.com

Post a Comment